Headlines News :
Home » , » Jangan Salah Kirim Pesan WhatsApp, Bisa Bahaya !!!

Jangan Salah Kirim Pesan WhatsApp, Bisa Bahaya !!!



Pengguna WhatsApp kini harus lebih berhati-hati sebelum mengirimkan pesan. Pasalnya, salah satu fiturnya memiliki kelemahan yang bisa berakhir fatal.

Fitur menghapus pesan yang diperkenalkan aplikasi pesan itu ternyata masih bisa dilihat teman atau keluarga Anda. Fitur yang diperkenalkan akhir tahun lalu itu, memungkinkan pengguna menghapus dan mencabut pesan setelah mengirimnya.

Jelas, ada beberapa batasan pada fitur baru ini. Misalnya, Anda hanya bisa menghapus pesan dalam tujuh menit setelah mengirimnya. Sama, pengirim dan penerima harus menggunakan versi WhatsApp terbaru untuk fitur ini agar berfungsi.

"Menghapus pesan untuk semua orang memungkinkan Anda menghapus pesan spesifik yang telah Anda kirim ke grup atau obrolan individual," tulis tim WhatsApp.

"Ini sangat berguna jika Anda mengirim pesan ke obrolan yang salah atau jika pesan yang Anda kirim berisi kesalahan. Pesan yang berhasil Anda hapus untuk semua orang akan diganti dengan 'Pesan ini telah dihapus' dalam obrolan penerima Anda. Demikian pula, jika Anda melihat 'Pesan ini telah dihapus' dalam obrolan, itu berarti pengirim menghapus pesan mereka untuk semua orang."

Namun, celah telah ditemukan yang tidak sesuai dengan apa yang WhatsApp katakan kepada pengguna tentang fitur ini.

Pada saat rilis, WhatsApp mengatakan kepada pengguna bahwa penerima dapat melihat pesan Anda sebelum dihapus atau jika penghapusan tidak berhasil.

Tapi, situs Tech The Next Web belum lama ini melaporkan bahwa pesan yang dihapus dari WhatsApp akan terus muncul dalam percakapan jika telah dikutip.

"Kami melihat bahwa pesan yang dikutip dalam obrolan kelompok terus ditampilkan dalam tanda kutip bahkan setelah mereka dihapus," lapor situs tersebut.

Mencoba hal yang sama dalam obrolan pribadi menghasilkan hasil yang sama persis. Meskipun pesan asli berhasil hilang, teks yang dihapus terus ditampilkan dalam kutipan penerima.

WhatsApp menyoroti FAQnya bahwa Anda hanya dapat menghapus pesan hingga tujuh menit setelah dikirim, selama pengirim dan penerima menggunakan aplikasi versi terbaru. Anehnya, tidak disebutkan bagaimana fitur bekerja dalam kasus kutipan.

Ada kemungkinan bahwa ini adalah bug.

Meskipun begitu, itu bukan cacat pertama yang ditemukan berkaitan dengan penghapusan WhatsApp untuk fitur semua orang.

Menurut blog teknologi Spanyol AndroidJefe, dimungkinkan untuk membaca pesan yang telah dihapus melalui Log Pemberitahuan pada ponsel Android.

Sebagai alternatif, itu mungkin juga dengan mengunduh aplikasi yang disebut Notification History.

Dikutip Daily Star dari Independent, menguji kedua metode pada saat itu dan menemukan bahwa walaupun masih dimungkinkan untuk melihat pesan yang telah dihapus, Anda harus sudah berinteraksi dengannya.

Pesan yang dihapus masih bisa dibaca di WhatsApp dan semua pesan terhapus yang telah digesek saat pertama kali muncul di layar sebagai pemberitahuan. Namun, tidak dapat memulihkan pesan yang dihapus yang belum pernah dilihat atau berinteraksi sebelum dihapus, yang seharusnya menjadi bantuan bagi semua orang.

suara.com
Share this article :
 
Support : Copyright © 2020. - - All Rights Reserved