Headlines News :
Home » , » MALWERE !!! Berbahaya pada Android Ternyata Bersembunyi di Aplikasi Ini

MALWERE !!! Berbahaya pada Android Ternyata Bersembunyi di Aplikasi Ini




Lagi, Firma keamanan Check Point mengungkap temuan terbaru yang menyebutkan ada sejumlah aplikasi gratis di Google Play Store menyembunyikan malware berbahaya di dalamnya.

Mengutip informasi dari laporan Check Point, Jum’at (15/09/2017) lalu, bahwa Check Point mendapati 50 aplikasi di Google Play Store yang di dalamnya menyembunyikan malware. Bahkan, aplikasi tersebut diketahui ternyata sudah diunduh 1 juta hingga 4,2 juta kali oleh pengguna yang tidak tahu soal malware. ].

Virus yang menyamarkan diri sebagai wallpaper gratis, aplikasi edit foto dan video itu diam-diam mendaftarkan pengguna ke layanan berbayar, atau mengirimkan pesan teks palsu meminta korbannya untuk membayarkan sejumah uang.

Malware bernama ExpensiveWall ini merupakan jenis malware baru yang sebelumnya ditemukan McAfee pada bulan Januari 2017 lalu di Google Play Store.

“Seluruh aplikasi yang berisikan malware itu ini sudah diunduh 5,9 juta dan 21,1 juta kali,” tulis Check Point pada blog resminya.

Perusahaan keamanan tersebut langsung melaporkan temuannya ke Google, dan Google pun langsung mengambil tindakan dengan menghapusnya dari Play Store.

Tetapi yang lebih mengerikan, aplikasi ini ternyata mampu mengelabui sistem Google Play Protect. Sistem ini seharusnya mendeteksi aplikasi atau software berbahaya setelah dipindai.
Meski sudah dihapus oleh Google dari Play Store, namun pengguna yang sebelumnya sudah mengunduh aplikasi tersebut masih berpotensi terinfeksi ExpensiveWall.


harapanrakyat.com

Share this article :
 
Support : Copyright © 2020. - - All Rights Reserved