Headlines News :
Home » » Sejarah Detektif Swasta

Sejarah Detektif Swasta


Taukah anda tentang maraknya profesi detektif swasta baru-baru ini di Indonesia ?

--  Ada yang mengatas namakan Organisai, Management, hingga perorangan  --


Profesi Detektif Swasta di Indonesia memang tidak seperti profesi detektif di negara-negara maju seperti di Inggris dan Amerika dimana profesi detektif itu sudah banyak dikenal masyarakat dan merupakan salah satu profesi yang dilindungi dan untuk menjadi seorang detektif harus memiliki ijin khusus/License yang diterbitkan oleh Asosiasi Detektif dari negara-negara tersebut. Status hukum profesi detektif-detektif itu memang sudah jelas di negara-negara itu, tetapi bagaimana dengan di Indonesia ?




Mari kita membahas tentang latar belakang dari profesi detektif ini terlebih dahulu sebelum kita membahas lebih dalam. Sejarah dunia mengajarkan kepada kita bahwa profesi detektif swasta yang diketahui ada pertama kali adalah di Negara Inggris dimana saat itu warga-warga sipil mengisi kekosongan sebelum adanya pembentukan Asosiasi perlindungan profesi Detektif. Di jaman sekarang ini , banyak pegawai swasta dan juga para penegak hukum yang beralih profesi menjadi Detektif. Latar belakang hukum bukanlah suatu keharusan untuk menjadi seorang Detektif. Detektif swasta saat ini memiliki berbagai latar belakang , ada yang sarjana hukum, ada yang mahasiswa, ada pintar di bidang IT, ada yang dari kepolisian dan bahkan ada yang cuma tamatan SMA. Mereka biasanya mendapatkan pengalaman mereka melalui pelatihan langsung on-the-job di bawah bimbingan rekan seprofesi mereka atau Detektif senior yang sudah berpengalaman.

Ketika kita berpikir tentang detektif swasta , kita bayangkan karakter dari komik atau film tentang seorang detektif yang  memata-matai seorang kriminal demi memecahkan kejahatan besar . Pada abad ke-18 di Inggris, Sir John Fielding seorang Hakim dan aktifis terkenal pada jaman itu bersama rekan sejawatnya bernama Henry Fielding membentuk suatu organisasi yang bernama 'Thief Takers'  atau Penangkap Pencuri yang mengenakan biaya untuk orang-orang ingin memakai jasa mereka.
 
Thief Takers adalah sekelompok orang yang dibayar untuk menjalankan surat perintah untuk melakukan penyelidikan, penangkapan dan sekaligus melakukan pekerjaan investigasi. Upaya mereka terbukti berhasil pada jaman itu dalam mengurangi kejahatan dan kekacauan publik.
 
 
TERMINOLOGI
 
Sekarang mari kita lihat di dunia nyata Private Investigator  (detektif swasta)

Berasal dari dari bahasa  Latin  "Privatus" dipisahkan , milik diri sendiri " ( tidak kepada negara ) , untuk memisahkan , mencabut , " dari Privus " seseorang sendiri , individual. "Investigabilis" yang berarti  menyelidiki ,  mampu menyelidiki sendiri.
 
 

Detektif swasta pada jaman sekarang secara metodis dan sistematis dapat mencari informasi , mengembangkan kasus lebih jauh, dan mengumpulkan bukti .  Istilah-istilah lainnya dari detektif swasta , adalah  PI , penyidik ​​, private eye, mata-mata, detektif , penyidik ​​profesional , agen , dan operatif . Mereka semua mengacu pada profesi penyelidik swasta dan artinya adalah sama , seorang warga sipil yang melakukan investigasi dan bersedia untuk disewa dalam penyelidikan suatu kasus.

 
 
 
 
Share this article :
 
Support : Copyright © 2020. - - All Rights Reserved