Headlines News :
Home » , » HATI-HATI !!! Pencurian Data Dari Aplikasi Pinjam Uang Online

HATI-HATI !!! Pencurian Data Dari Aplikasi Pinjam Uang Online


Uang sudah menjadi bagian terbesar di dalam hidup kita. Tanpa diragukan, uang digunakan unutk memenuhi berbagai kebutuhan hidup. Terkadang, dalam keadaan darurat dan mendesak kita sangat membutuhkan bantuan dana segar. Dalam situasi seperti ini, biasanya kita akan mencari dana pinjaman.

Untungnya, sekarang banyak aplikasi penyedia jasa peminjaman uang online. Munculnya aplikasi penyedia layanan pinjaman online tanpa jaminan ini, ternyata dibaliknya ada potensi pencurian data yang sangat berbahaya.

Pencurian data yang dilakukan oleh aplikasi penyedia layanan pinjam uang online ini, awalnya dilakukan untuk memverifikasi data calon nasabah. Tetapi, fitur ini malah disalahgunakan untuk mencuri data nasabah secara masif. 

Berikut bahaya dari aplikasi pinjam uang online


1. Membaca SMS


Anda mungkin biasa menerima SMS dari operator yang anda pakai untuk menawarkan promo-promo menarik. Aplikasi penyedia jasa pinjam uang online, kini bukan hanya bisa mengirimkan SMS ke nomor anda tetapi juga bisa membaca semua SMS/MMS yang anda kirim dan terima.


2. Mengambil Daftar Kontak


Saat anda mengajukan diri untuk melakukan pinjaman, biasanya akan dimintai kontak darurat sebagai penjamin. Namun, beberapa hari yang lalu netizen dihebohkan dengan salah satu aplikasi penyedia jasa peminjaman uang online yang meneror kontak-kontak dari nasabah mereka yang terlilit hutang. Padahal, mereka yang mengaku diteror ini bukanlah keluarga dekat dan namanya tidak dimasukan ke dalam kontak darurat.


3. Mengambil Foto


Hal ini salah satu yang paling mengerikan. Aplikasi penyedia jasa peminjaman uang online dikabarkan bisa mengambil foto kita kapan saja dan di mana saja tanpa seizin dan sepengetahuan kita! Parahnya lagi, foto kita kemudian disebar ke kontak-kontak yang ada di ponsel kita untuk keperluan penagihan cicilan oleh aplikasi tersebut. Bayangkan kalau foto yang mereka ambil saat anda berada di toilet!


4. Melacak Lokasi


Kata siapa cuma hacker yang bisa melacak posisi anda? Ternyata aplikasi penyedia jasa pinjaman online bisa melacak posisi anda berdasarkan sinyal GPS yang ada di ponsel anda Kabarnya, mereka bisa mengetahui lokasi di mana persis anda berada selama ponsel anda menyala. Sungguh membahayakan dan rentan disalahgunakan.


5. Membaca Memori/Data Ponsel


Hal paling aneh dari upaya pencurian data oleh penyedia layanan peminjaman uang online adalah kemungkinan aplikasi mereka bisa membaca semua data yang berada di memori internal maupun memori eksternal anda! Bahkan kabarnya aplikasi ini juga bisa mengubah dan dan menghapus data apapun yang berada di ponsel anda. Hal ini telah melanggar privasi anda.

jalantikus
Share this article :
 
Support : Copyright © 2020. - - All Rights Reserved