Headlines News :
Home » , » Kaget! Kolektor Temukan Serbuk ‘Terlarang’ dari Tahun 80-an dalam Kaset Game Lawas yang Dibongkar

Kaget! Kolektor Temukan Serbuk ‘Terlarang’ dari Tahun 80-an dalam Kaset Game Lawas yang Dibongkar



Pada awal bulan April ini, Julian Turner, seorang kolektor game mendatangi pasar loak West Georgia Flea Market di Amerika Serikat. Ia pun membeli dua kaset (cartridge) game Nintendo lawas yang berjudul Rollergames and Golf.

Ketika sampai di rumah, Turner mulai curiga sebab kedua game itu adalah versi PAL. Biasanya versi ini dipasarkan di Eropa dan bukan Amerika Serikat (NTSC).

Kedua cartridge game itu juga bobotnya lebih berat dari pada kaset game Nintendo pada umumnya. Sehingga, makin kuatlah kecurigaan Turner.

Lantas pria itu memutuskan untuk membongkar cartridge Rollergames dan Golf. Mengejutkan, ternyata yang ada di dalam kedua kaset game tersebut adalah kantong aluminium foil, ada dua pada masing-masing cartridge.

Dengan sengaja bagian dalam hardware itu dimodifikasi supaya ‘penumpang gelap’ itu bisa muat. Papan PCB juga diganti dengan yang ukurannya lebih kecil.

Lantas Turner memotong salah satu kantung aluminium foil tersebut untuk melihat bagian dalamnya. Ternyata, seperti dilansir dari Kompas.com, isinya adalah serbuk yang berwarna putih kecokelatan.

Turner pun membongkar dua kaset game tersebut dan mengunggahnya ke Youtube. Kemudian ia menghubungi polisi untuk memeriksa apa yang telah ia temukan.

“Seorang pakar anonim memberitahu saya bahwa ini adalah heroin. Polisi mengatakan ini narkoba ‘sintetis’. Nilainya bisa lima digit (puluhan ribu dollar AS, ratusan juta rupiah),” ucap Turner.

Adapun narkoba tersebut bisa ada di dalam kaset game Nintendo tak diketahui caranya. Bahkan narkoba itu dibiarkan di sana 30 tahun lamanya hingga akhirnya ditemukan Turner.

Muncul dugaan bahwa kaset game itu memang sungguh dipakai untuk menyelundupkan narkoba di tahun 1980-an ketika Nintendo sedang populer-populernya. Namun, kaset game itu tertukar secara tak sengaja dengan kaset lain.

Saat Turner mencari penjelasan di internet, ia menemukan kasus serupa yaitu kaset game Nintendo yang juga berjudul golf, digunakan sebagai tempat menyimpan sebundel uang pecahan 100 dollar AS yang total nilainya mencapai 5.000 dollar AS.

suratkabar.id
Share this article :
 
Support : Copyright © 2020. - - All Rights Reserved