Headlines News :
Home » , » Californium-252, Material Langka yang Disebut-sebut Jokowi Bikin Cepat KAYA

Californium-252, Material Langka yang Disebut-sebut Jokowi Bikin Cepat KAYA



Presiden RI Joko Widodo pernah berujar, bahwa komoditas yang paling super mahal di dunia adalah racun dari hewan kalajengking, yang dihargai sekitar 10,5 juta dolar AS per liter. Lalu ada juga Californium-252, yang dengar-dengar harganya dipatok 27 dolar AS.

Mungkin kita tahu apa itu racun kalajengking, tapi Californium-252 itu apa sih?

Sekilas Tentang Californium

Dilansir dari Live Science, Californium merupakan sebuah elemen radioaktif namun sintetis. Jadi dengan kata lain, Californium bukanlah sesuatu yang ditemukan di alam. Californium adalah elemen metalik aktinide, satu dari 15 elemen radioaktif yang bisa Kawan Sumber lihat di deretan terbawah tabel periodik kimia (simbol atom Cf).

Californium biasanya digunakan dalam proses penggabungan nuklir. Logam ini diketahui sebagai salah satu material termahal di dunia karena biaya transportasinya, ketersediaannya yang terbatas serta proses produksi yang tentunya mahal.

Californium pertama kali diproduksi di laboratorium University of California, Berkeley, oleh peneliti Amerika Stanley Thompson, Kenneth Street, Albert Ghiorso dan Glenn Seaborg pada tahun 1950.

Logam murni ini berwarna putih silver, lunak dan lembut; namun akan langsung mengalami proses oksidasi dengan perlahan jika diekspos di udara suhu ruang. Californium memiliki 20 isotop, mulai dari 237-256, dan semuanya bersifat radioaktif.

Bagaimana dengan Californium-252?

Californium-252 yang juga disebut dengan Cf-252 merupakan emitor neutron yang sangat kuat. Cf-252 digunakan dalam berbagai industri, seperti untuk keperluan militer, pembuatan detektor logam, emitor neutron, penyedia neutron untuk memulai reaktor nuklir, sumber neutron untuk mendeteksi emas dan perak melalui aktivasi neutron. Cf-252 juga digunakan dalam pembuatan alat khusus yang dapat mendeteksi lapisan air dan minyak di dalam sumur minyak.

Malah, Cf-252 bahkan memiliki fungsi untuk mengobati kanker serviks dan membantu menganalisa konten sulfur pada minyak bumi.

Cf-252 memiliki waktu paruh (half-life) 2.645 tahun. Sebagai sumber neutron yang kuat, satu mikrogram (0.000001 gram) Cf-252 dapat memproduksi 170 juta neutron per menit.

Cf-252 Salah Satu Material Termahal di Dunia, Benarkah?

Menurut Quora, di tahun 2017 saja Cf-252 sudah dihargai 27 dolar AS per mikrogram (jadi per gramnya 27 juta dolar AS!). Tidak seperti elemen dan sumber energi lainnya (minyak dan gas misalnya), Californium tidak tersedia secara alami. Ketika minyak dan gas dapat ditambang, Californium harus diciptakan melalui proses dengan biaya operasional yang mahal, dengan menggunakan material langka seperti curium.

Proses produksinya meliputi penyatuan partikel-partikel yang tak dapat dilakukan semua orang, dengan peralatan khusus yang hanya tersedia di laboratorium ilmiah dan pusat riset. Hanya beberapa fasilitas riset saja yang mampu memproduksi Californium, seperti US Oak Ridge National Laboratory dan Research Institute of Atomic Reactors di Rusia. Dalam setahun, mungkin hanya 0,25 gram Californium saja yang diproduksi. Kebayang gimana langkanya kan Californium di dunia?

Californium juga tak dapat sembarangan ditransportasi. Ukuranya memang mikroskopik, namun Californium harus dimasukkan ke dalam kontainer khusus ukuran besar yang dapat mencegah material radioaktif ini keluar.

sumber.com
Share this article :
 
Support : Copyright © 2020. - - All Rights Reserved