Headlines News :
Home » , » Lindungi Email Anda dan Account Online lain dari Hacker

Lindungi Email Anda dan Account Online lain dari Hacker

Dalam artikel ini, kami akan mencoba berbagi informasi kepada anda bagaimana untuk melindungi account email Anda dari para hacker dengan cara yang sangat sederhana dan mudah dimengerti.

Tips ini tidak hanya berlaku untuk akun email Anda saja, tetapi juga dapat digunakan untuk melindungi account online lainnya seperti login bank, Paypal atau akun jejaring sosial Anda.

Banyak permintaan dari orang-orang dimana sebagian besar dari mereka meminta bantuan untuk mendapatkan kembali account emailnya.  

Kemungkinan bagi masyarakat luas khususnya pengguna aktif fasilitas email serta jejaring sosial mungkin tinggal menunggu "untuk account emailnya akan diambil alih oleh para hacker"

Muncul pertanyaan besar...

"Apakah begitu mudah untuk hack account email?  ATAU Apakah begitu sulit bagi orang untuk melindungi account email mereka dari serangan para hacker jahil".

Jawabannya "Tentu saja tidak!". 

Sebenarnya tidak mudah untuk meng-hack account email, dari sudut pandang si-pemberi fasilitas pun selalu memperbaiki sistem yang ada guna terhindar dari kejahilan para hacker.

Maka.... Alasan apa. mengapa banyak orang kehilangan account mereka?


Jawabannya sangat sederhana. 
" Mereka tidak tahu bagaimana cara melindungi diri dari serangan hacker".

Bahkan, sebagian besar orang yang kehilangan account online mereka dari para hacker bukan korban hacking tapi korban perangkap. Mereka mendapatkan hacked bukan karena mereka sengaja di hacked oleh para hacker, tetapi karena mereka "tertipu" karena ketidak-tahuannya sehingga mereka sendiri yang memberikan password-nya kepada para hacker.

Apakah Anda bingung? ...

Baik.. Sekarang kami akan menyebutkan beberapa perangkap yang paling umum di mana orang sering terjebak dan tanpa disadari account anda telah perpindah tangan. Selain itu, kami juga akan memberikan informasi tentang bagaimana trik untuk menghindari jebakan yang sewaktu-waktu akan mengenai anda.


1. Spoofing Website (Phishing Scam)

Spoofing website, juga dikenal sebagai phishing adalah tindakan menciptakan sebuah website palsu dengan tujuan menyesatkan para pengunjung. Website akan dibuat oleh orang yang berbeda atau organisasi (selain asli) terutama untuk tujuan kecurangan. Biasanya, situs web akan mengadopsi desain situs target dan HATI-HATI kadang-kadang memiliki URL yang sama.

Misalnya website palsu dari Yahoo.com muncul persis sama seperti situs bawaan Yahoo website aslinya. Jadi, kebanyakan orang akan percaya ini sebagai situs aslinya dan akhirnya dengan tidak sadar otomatis juga memberikan password serta identitas sehubungan dengan kebutuhan dari situs tersebut untuk dapat mengaksesnya.
 
Solusi :
  • Jangan pernah mencoba untuk login / mengakses account online Anda dari situs selain situs asli.
  • Selalu ketik URL situs di address bar untuk masuk ke situs. Jangan klik pada hyperlink untuk memasuki situs.

2. Dengan menggunakan keylogger (Spyware)

Yang lainnya metode yang umum digunakan untuk mencuri password adalah dengan menggunakan keylogger. Keylogger tidak lain hanyalah spyware. Sebuah keylogger (juga disebut sebagai perangkat lunak mata-mata) adalah program kecil yang memonitor setiap keystroke jenis pengguna pada keyboard komputer. Sebuah program keylogger dapat diinstal hanya dalam beberapa detik dan setelah diinstal, Anda hanya tinggal mengambil data-data termasuk pasword target serta data-data sensitif lainnya

Solusi:
Melindungi diri dari scam keylogger sangat mudah. Hanya menginstal sebuah program anti-spyware yang baik dan update secara teratur. Hal ini membuat PC Anda aman dari keylogger.


3. Mengakses Email Anda dari Tempat Umum

Apakah Anda mengakses email Anda dari tempat umum seperti warnet? Jika demikian, Anda pasti di bawah risiko kehilangan password Anda. Bahkan, banyak orang kehilangan account email mereka di kafe-kafe cyber. Untuk pemilik kafe cyber, itu hanya cakewalk untuk mencuri password Anda. Untuk ini, semua yang perlu dia lakukan adalah menginstal sebuah program keylogger di komputer nya. Jadi, ketika Anda login ke account email Anda dari PC ini, Anda memberikan password Anda kepada pemilik kafe. Juga, ada banyak lagi Administration Tools (RAT) yang dapat digunakan untuk memantau kegiatan browsing Anda secara real time.

Ini tidak berarti bahwa Anda tidak harus menggunakan warnet untuk berselancar di Internet. Aku tahu, tidak semua pemilik warnet akan sangat jahat. Namun, dianjurkan untuk tidak menggunakan tempat umum untuk mengakses informasi rahasia. Untuk yang berhubungan dengan masalah keamanan sebaiknya dianjurkan tidak mempercayai pihak manapun dan siapapun. Kadang bila sahabat yang pinjam laptop anda itu bisa jadi sebuah ancaman.


[JOEVANA]
Share this article :
 
Support : Copyright © 2020. - - All Rights Reserved