Headlines News :
Home » , » Tau kah anda ternyata Diktator Nazi ini sempat bantu Soekarno raih Kemerdekaan Indonesia

Tau kah anda ternyata Diktator Nazi ini sempat bantu Soekarno raih Kemerdekaan Indonesia



Indonesia meraih kemerdekaannya bukan ditempuh dengan cara yang mudah dan instan. Dibutuhkan perjuangan dari seluruh rakyat Indonesia untuk melepaskan diri dari belenggu penjajahan yang dahulu pernah terjadi selama bertahun-tahun. Dibutuhkan juga keyakinan dan semangat oleh para penduduknya, baik dari kalangan tua maupun muda, baik dari kalangan petani maupun cendekiawan bangsa.

Berbagai bantuan juga hadir agar Indonesia dapat meraih kemerdekaannya. Kalau dipikir-pikir, rasanya memang sulit sekali bagi Indonesia melawan penjajah. Apalagi zaman dahulu ketersediaan amunisi memang sangat sedikit dan belum terbilang canggih. Ada rumor yang mengatakan bahwa salah satu diktator dunia turut membantu memerdekakan tanah air.




Dilansir dari laman Inilah.com, sahabat Presiden Soekarno, Horst Henry Geerken, mengatakan bahwa pemimpin NAZI, Adolf Hitler, pernah melakukan kerja sama dalam persenjataan. Hitler dikabarkan pernah mengirimkan Indonesia senjata melalui kapal selam pada tahun 1940-an. Henry Geerken juga mengatakan bahwa senjata-senjata buatan Jerman tersebut memang dikirimkan untuk digunakan oleh prajurit PETA.





Kisah ini mulai terkuak ke publik sekitar tahun 1963. Penggalan sejarah yang unik ini disampaikan langsung oleh Soekarno pada Henry Geerken di tahun 1963 saat keduanya bertemu di Bali. Senjata-senjata buatan Jerman tersebut dikirimkan ke Jakarta, Surabaya, dan Sabang. Senjata tersebut dikirim ke Indonesia melalui jalur Atlantik dengan menggunakan sebanyak 57 buah kapal selam.

Henry Geerken menambahkan bahwa saat itu Hitler ingin membantu Presiden Soekarno karena tidak menyetujui adanya penjajahan di Indonesia oleh Belanda. Komunikasi antara Hitler dengan Presiden Soekarno memang tidak pernah dilakukan secara langsung, melainkan melalui seorang warga negara Jerman yang tinggal di Indonesia yang bertindak sebagai perantara.






Alasan lainnya mengapa Jerman mau membantu Indonesia adalah kesamaan nasib di antara dua negara ini. Keduanya sama-sama ditindas oleh Belanda. Jerman selama Perang Dunia II mengirimkan armada kapal selam U-Boat untuk Indonesia.

Dilansir dari laman Merdeka.com, peneliti Nazi dan Jerman di Indonesia, Alif Rafik Khan, menuturkan bahwa banyak eks Kriegsmarine atau angkatan laut Jerman yang bergabung dengan para geriliyawan Indonesia demi menumpas Belanda. Mereka diketahui banyak membantu soal strategi dan teknik persenjataan.

Itulah tadi sepenggal sejarah yang unik tentang kemerdekaan Indonesia. Selain membantu Presiden Soekarno untuk memerdekakan Indonesia, Adolf Hitler juga dirumorkan mengagumi Bung Karno secara personal. Bahkan, ada yang menyebutkan bahwa Hitler tidak mati di bunker-nya, melainkan sempat kabur dan meninggal di Indonesia tepatnya di kota Surabaya dengan menyamar sebagai seseorang yang bernama Dr. Poch.

Anda percaya? Bagaimana Pendapat Anda?

YuKepo

Share this article :
 
Support : Copyright © 2020. - - All Rights Reserved