Headlines News :
Home » , , » PASSWORD dan 123456

PASSWORD dan 123456

"Sudah banyak orang menggunakan password lebih panjang, tetapi polanya sangat sederhana, sehingga mudah ditebak dan dicuri oleh peretas."

Bahkan setelah puluhan juta orang di dunia mengalami masalah pembobolan akun online, masih banyak para pengguna internet di dunia yang menggunakan kata kunci atau password yang mudah ditebak.

Sebuah laporan yang dirilis oleh perusahaan keamanan online, SplahsData pada Selasa (19/1/2016), menunjukkan bahwa ada dua password yang paling banyak digunakan oleh pengguna internet di seluruh dunia: "123456" dan "password".

Kedua kata kunci ini adalah yang paling banyak digunakan selama 2015 - data ini tak berubah dari riset serupa pada 2011.

Temuan ini merupakan bagian dari laporan tahunan SplashData, yang sudah memasuki tahun kelima, dan disusun berdasarkan analisis terhadap lebih dari dua juta password yang bocor ke publik pada 2015.

SplashData mengatakan bahwa meski banyak website yang sudah mensyaratkan password baru yang lebih panjang, banyak pengguna internet yang memilih cara instan "dengan menggunakan password panjang tetapi masih sederhana dan rentan dari sisi keamanan."

Di antara password yang banyak digunakan antara lain "12345678", "qwerty", 12345", dan "123456789".

Kata kunci lain yang banyak digunakan adalah "1qaz2wsx" (dua kolom pertama pada keyboard) dan "qwertyuiop" (10 karakter paling atas pada keyboard).

"Memang sudah banyak orang menggunakan password lebih panjang, tetapi polanya sangat sederhana, sehingga mudah ditebak dan dicuri oleh peretas," kata Morgan Slain, CEO SplashData.

Akibatnya semakin maraknya peretasan, kian banyak perusahaan yang meninggalkan password dan memaksa para karyawannya untuk menggunakan metode verifikasi lain seperti biometrik.

Pemindai sidik jari, wajah, dan mata menjadi pilihan yang semakin populer tak saja di perusahaan-perusahaan tetapi juga perangkat-perangkat mobile modern. Beberapa perusahaan menggunakan metode otentikasi "two factors", dengan mengirim password baru melalui pesan pendek atau SMS ke pengguna setiap kali akan masuk ke website.

suara.com

Share this article :
 
Support : Copyright © 2020. - - All Rights Reserved