Headlines News :
Home » » PENCARIAN BUKTI PADA SEBUAH KASUS

PENCARIAN BUKTI PADA SEBUAH KASUS

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang “PENCARIAN BUKTI PADA SEBUAH KASUS”.

Dalam pencarian Barang Bukti pada sebuah kasus biasanya para tim penyidik menyesuaikan dengan kondisi area tempat terjadinya tindak kriminal, tapi kali ini akan dibahas tentang cara-cara yang biasa digunakan saja.



1.  AMBIL FOTO TEMPAT KEJADIAN DAN BARANG BUKTI SECARA DETAIL

Cara ini biasanya digunakan jika waktu penyelidikan di TKP yang tidak memungkinkan , jadi dengan cara ini kita dapat mencari fakta dengan melihat detail keseluruhan dari foto tersebut. Untuk pengambilan foto biasanya tim penyidik menggunakan kamera film karena hasilnya yang lebih dapat dipercaya. Dalam pengambilan foto “ BARANG BUKTI” biasanya mereka meletakan alat ukur seperti penggaris di dekat benda yang akan difoto agar dapat mengetahui ukuran benda secara pasti. 



2.  MENCARI BARANG BUKTI 

Cara ini yang paling sering dan utama digunakan karena dengan “BARANG BUKTI” kita dapat mudah menemukan fakta bahkan berkemungkinan menarik kesimpulan dari sebuah kasus. “BARANG BUKTI”  itu terdiri dari 2 jenis

a). BARANG BUKTI LANGSUNG : contoh nya seperti sarung tangan atau benda tajam yang digunakan si pelaku yang tertinggal di TKP.

b).BARANG BUKTI TIDAK LANGSUNG : contoh nya seperti pernyataan saksi yang menyaksikan  tindakan kriminal ketika terjadi. 


 3.  MENCARI SIDIK JARI

Hal ini biasanya dilakukan untuk mengetahui siapa saja yang terlibat dalam sebuah kasus. Kita mengetahui bahwa di Dunia ini tak ada orang yang mempunyai sidik jari yang sama walau kembar identik sekalipun, Jadi dengan teori ini memungkinkan kita dapat menemukan si pelaku secara spesifik. Dalam pencarian sidik jari ini terlebih dahulu kita harus mencari barang bukti yang diperkirakan terlibat atau digunakan dalam kasus kriminal tersebut. Cara proses pencarian sidik jari KLIK Disini



4.  MENCARI JEJAK PELAKU 

Yang dimaksud jejak disini adalah jejak bekas yang ditinggalkan dalam sebuah kasus. Biasanya metode ini dihunakan jika area TKP adalah berupa tanah yang sedikit lembut atau bekas jejak kaki (sepatu) di lantai. Untuk mencari jejak sepatu biasanya kita harus mengetahui bentuk atau pola dari bawah sebuah sepatu. Dengan metode ini pula kita dapat mengetahui ciri orang seperti : berat tubuh, cara berjalan, dan arah si pelaku pergi.



#sumber : BUKU SCIENCE "DETEKTIF MENCARI BARANG BUKTI" penulis : Kim Wonseop 
Share this article :
 
Support : Copyright © 2020. - - All Rights Reserved