Headlines News :
Home » , » AWAS !!! Pembobolan Data User Intai Pelanggan Ojek Online

AWAS !!! Pembobolan Data User Intai Pelanggan Ojek Online























Mewabahnya jasa antar-jemput menggunakan layanan aplikasi seperti Go-Jek, GrabBike, dan yang terbaru Blu-Jek, ada hal penting yang seharusnya menjadi perhatian, yakni data user. Secara tidak disadari pelanggan telah memberikan data kepada pengelola aplikasi tersebut.

Sebelum menggunakan aplikasi layanan jasa antar-jemput biasanya pengguna diminta untuk memasukkan alamat email, nomor telefon, dan nama. Artinya pengelola aplikasi tersebut memiliki data pelanggan secara valid. Mengingat hal tersebut, menjadikan pengelola aplikasi lebih bijak untuk menyimpan data pelanggan.

“Tak boleh dia (pengelola aplikasi) menghimpun data orang tanpa adanya keamanan yang memadai. Di sini ada komponen yang tidak ternilai yakni data,” kata Pratama Persadha, pengamat keamanan siber, Kamis (17/9/2015).

Saat ini, sambung Pratama, sistem aplikasi saja bisa diakal-akali, contohnya, driver menggunakan dua ponsel, satu ponsel digunakan untuk pelanggan, dan satu lagi HP aplikasi, sehingga driver bisa mengakali aplikasi dengan berpura-pura mengangkut penumpang. Sebelumnya, fenomena aplikasi antar-jemput ini memang sedang marak di Indonesia, dan memanfaatkannya sebagai peluang bisnis, sebut saja Go-Jek, GrabBike, dan yang terbaru Blu-Jek menjadi aplikasi yang sedang marak digunakan untuk modal transportasi.
 
 
OkeZone
 
Share this article :
 
Support : Copyright © 2020. - - All Rights Reserved