Headlines News :
Home » , » Mencoba Jadi Detektif?

Mencoba Jadi Detektif?

Apa yang menarik dari profesi detektif? Profesi ini---baik part time maupun full time---tidak seperti kerja kantoran, yang selalu klimis, rapi, diatur oleh jam dari 08.30 hingga 15.00. Detektif juga tidak sering tampil di televisi seperti politisi, atau pengacara. Pekerjaan ini justru banyak mengandalkan kerja diam-diam, tanpa publikasi, terkadang harus dengan penyamaran agar tidak menarik perhatian, dan bahkan kerja hampir 24 jam per hari. Sungguh melelahkan, secara fisik dan psikis.

Profesi detektif bukanlah profesi yang menjanjikan dari segi materi. Terlebih lagi, resiko yang dihadapi pun tidak ringan: taruhannya bisa nyawa! Yang menarik dari detektif, adalah tantangannya! Kita menemui hal-hal baru, melacak petunjuk, menguji petunjuk, memecahkan masalah, dan kebanggaan seorang detektif adalah ketika ia berhasil membayar kelelahan dengan terpecahnya suatu kasus. Meskipun, seringkali didera frustasi.


Perhatikan:

1. Jangan lupa, siapkan kertas dan pensil untuk mencatat data-data penting, seperti angka, nama, dan sebagainya. Seorang detektif akan selalu teliti dengan berbagai hal, termasuk hal-hal kecil, hal-hal detil, dan sebagainya. Misalnya, Anda menemukan angka tertentu.

2. Gunakan imajinasi untuk memecahkan maksud angka atau kode yang ditemukan. Mungkin nomor telepon, nomor mobil, nomor locker besi, dan sebagainya.

3. Gunakan pola sistematis standar detektif, dalam memecahkan masalah.

a) Ketahui masalah,
b) Observasi TKP,
c) Kumpulkan dan pelajari barang bukti,
d) Interogasi saksi & tersangka yang ada, untuk menemukan fakta-fakta,
e) Seleksi keterangan palsu/fake,
f) Analisa data yang sudah ditemukan, guna mencari motif, modus, dan pelaku sebenarnya.
Share this article :
 
Support : Copyright © 2020. - - All Rights Reserved